Program Sekolah Bahasa

KATA PENGANTAR
Seiring dengan semakin meningkatnya masyarakat Indonesia yang tertarik akan budaya dan bahasa Jepang, serta keinginan untuk mengembangkan diri di Jepang, Program sekolah bahasa ke Jepang tentunya sangat membantu dalam mencapai tujuan untuk memahami dan menguasai bahasa dan budaya Jepang yang cukup unik. Bisa di katakana bahwa sekolah bahasa di Jepang adalah batu loncatan untuk bisa masuk ke universitas yang ada di Jepang maupun untuk masuk ke dunia kerja di perusahaan Jepang. Tentunya banyak pilihan sekolah bahasa yang ada di Jepang, untuk itu sebelum memutuskan di sekolah mana yang akan anda pilih, ada baiknya mempertimbangkan mutu dari sekolah bahasa tersebut, biaya hidup yang akan di butuhkan selama tinggal di daerah yang anda putuskan dll.

PROGRAM PENDIDIKAN

Program pendidikan persiapan masuk Universitas.
Program ini ditujukan untuk anda yang ingin melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi di Jepang. Program ini bertujuan untuk mendorong siswa agar bisa mengembangkan kemampuan dasar untuk proses belajar di perguruan tinggi.

Program pendidikan bahasa Jepang Praktis.
Program ini di tujukan untuk mereka yang ingin meningkatkan bahasa Jepangnya saja, atau bisa juga untuk mereka yang bertujuan ingin bekerja di Jepang. Belakangan ini ada kecenderungan perusahaan Jepang yang mencari SDM dengan kualitas terbaik dari luar negeri.

JAM BELAJAR

  • Kelas Pagi 09 : 00 ~ 12 : 50
  • Kelas Siang 13 : 00 ~ 16 : 50

BANYAK KEUNTUNGAN BELAJAR BAHASA DI JEPANG

  1. Dapat bekerja paruh waktu sambil sekolah bahasa Jepang.
  2. Dengan terus menurunnya angka kelahiran di Jepang, penerimaan pelajar asing untuk sekolah tinggi dan pasca sarjana di Jepang semakin aktif. Hal ini sangat menguntungkan bagi para pelajar dari Indonesia yang ingin melanjutkan pendidikan ke universitas.
  3. Dibandingkan dengan belajar di Eropa dan Amerika serikat, biaya sekolah dan biaya hidup di Jepang lebih murah.Juga tersedianya Beasiswa untuk pelajar asing.
  4. Jepang adalah salah satu negara yang aman untuk di tinggali dengan tingkat keamanan terbaik di dunia. Selain itu system asuransi kesehatan nasional Jepang juga berlaku untuk pelajar asing.
  5. Seluruh masyarakat Jepang mempunyai kesadaran tinggi untuk melestarikan lingkungan hidup dan daur ulang, setiap tempat selalu terjaga kebersihannya, dan merupakan lingkungan yang nyaman untuk di diami.
  6. Tersedia banyak supermarket di seluruh kota. Banyak toko serba ada buka 24 jam, sehingga hampir tidak ada masalah dengan ketersediaan makanan.
  7. Jepang mengalami penurunan populasi tenaga kerja, kesempatan pelajar asing untuk bekerja di Jepang meningkat dari tahun ketahun.
  8. Dengan meningkatnya jumlah komunitas muslim di Jepang, semakin banyak penjualan makanan halal dan pembangunan tempat ibadah.
  9. Pemerintah Jepang mengumumkan rencana 300.000 pelajar asing. Hal ini meningkatkan pemberian visa untuk warga Negara asing dan warga Negara Indonesia pada khususnya.
  10. Adanya berbagai hari libur nasional Jepang dan pengenalan budaya Jepang dari program sekolah, membuat orang asing bisa mendapatkan kesempatan untuk menikmati keunikan dan keindahan Negara Jepang.
PENDAFTARAN
Pada umumnya sekolah bahasa Jepang membuka program kelas baru 4 kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Januari, April, Juli dan Oktober. Namun ada juga yang hanya membuka kelas barunya dua atau tiga kali saja dalam satu tahun. Ada pun syarat pendaftarannya antara lain adalah berusia minimal 18 tahun, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan dasar bahasa Jepang.

  • Kelas Januari : Pendaftaran dapat dilakukan sampai dengan akhir bulan Agustus tahun sebelumnya.
  • Kelas April : Pendaftaran dapatdilakukan sampai dengan akhir bulan Okto bertahun sebelumnya.
  • Kelas Juli : Pendaftaran dapat dilakukan sampai dengan akhir bulan Februari
  • Kelas Oktober : Pendaftaran dapat dilakukan sampai dengan akhir bulan April

Untuk calon siswa dan orang tua atau wali yang menanggung biaya atau penanggung jawabnya harus menyiapkan dokumen-dokumen yang di perlukan sebagai syarat agar bisa diterima sebagai siswa sekolah bahasa yang di tuju dan bisa mendapatkan Visa pelajar untuk tinggal di Jepang. Adapun dokumen-dokumen yang harus di sediakan antara lain sebagai berikut.

Dokumen yang di perlukan oleh calon siswa:

  1. Poto 8 lembar ( 4 x 3 cm )
  2. Kartu Keluarga
  3. Fotokopy paspor
  4. Mengisi From Pendaftaran
  5. CV atau Riwayat hidup
  6. Surat alasan keinginan sekolah di Jepang
  7. Ijazah Pendidikan Terakhir
  8. Surat Keterangan Nilai Pendidikan Terakhir

Dokumen yang di perlukan oleh orang yang menanggung biaya :

  1. Surat Jaminan Pembayaran
  2. Surat Keterangan Saldo Bank
  3. Surat Keterangan Bekerja
  4. Surat Keterangan Pendapatan
BIAYA BELAJAR DI JEPANG
Setiap sekolah menentukan biaya yang berbeda-beda, tergantung dari daerah dan fasilitas yang di terima siswa. Berikut ini adalah estimasi biaya belajar di sekolah bahasa Jepang per tahun.

Biaya pendaftaran 20.000  s/d   30.000  ¥
Biaya masuk 50.000  s/d   65.000  ¥
Biaya sekolah per tahun 590.000  s/d 670.000  ¥
Asuransi dan lain-lain 30.000 s/d 42.000  ¥
Total 690.000 s/d 807.000  ¥

KONTEN  PELAJARAN

Level Dasar
Waktu belajar 6 bulan. Dalam program belajar ini memperkenalkan kemampuan dasar berkomunikasi, pemahaman membaca dan menulis.
Level Menengah
Waktu belajar 6 bulan. Pada program ini siswa mempraktekkan percakapan sehari-hari serta pemahaman dalam membaca dan menulis.
Level Tinggi ( 1 )
Waktu belajar 6 bulan. Dan program ini difokuskan pada pelajaran tatabahasa level tinggi, termasuk persiapan untuk masuk universitas.
Level Tinggi ( 2 )
Waktu belajar 6 bulan. pada program ini belajar tentang kebudayaaan Jepang dan pengetahuan umum. Menggunakan Koran dan video sebagai bahan pelajaran untuk mengembangkan kemampuan dalam berkomunikasi tingkat tinggi.

BIAYA HIDUP
Biaya hidup untuk tinggal di Jepang memang tidaklah murah, tetapi fasilitas dan kualitas yang di peroleh pun sangat baik. Seperti air keran yang langsung dapat diminum dan lain-lainnya.Berikut ini estimasi biaya hidup dalam satu bulan:

Biaya tempat tinggal 35.000 ¥
Biaya makan 25.000 ¥
Transportasi 5.000 ¥
Handphone 5.000 ¥
Lain-lain 10.000 ¥
Total 80.000 ¥
TEMPAT TINGGAL
Tempat tinggal merupakan salah satu hal yang paling harus di pikirkan baik-baik selama tinggal di Jepang. Karena untuk menentukan tempat tinnggal kita harus memikirkan banyak hal, antara lain uang sewa, jarak tempuh ke sekolah, biaya transportasi dan lainnya. Ada 4 pilihan bagi siswa asing untuk tempat tinggal selama belajar di Jepang. Bisa di pilih sesuai dengan keinginan, keuangan dan perhitungan yang lainnya.

ASRAMA SISWA
Merupakan tempat tinggal paling umum bagi siswa asing. Satu kamar share hingga 4 orang. Terdapat keamanan menyeluruh sehingga orang luar tidak bisa sembarangan masuk. Ini sangat cocok untuk siswa yang ingin hidup bersama dengan aman.

GUEST HOUSE
Merupakan rumah yang di tinggali bersama, dengan tetap memiliki ruang privasi. Sangat cocok buat orang yang mencari teman dari berbagai macam negara.

APARTEMEN
Ini adalah tempat tinggal bagi orang yang ingin tinggal sendiri atau share dengan 2-3 orang teman. Ini cocok bagi yang memiliki finansial yang mencukupi dan ingin hidup sesuai dengan gaya hidup sendiri.

HOME STAY
Ini merupakan salah satu cara untuk tinggal di Jepang. Dan umumnya di lakukan oleh satu orang siswa. Dengan tinggal di tengah-tengah keluarga Jepang langsung, kemampuan bahasa Jepang pun akan meningkat dan dapat merasakan langsung kehidupan masyarakat Jepang.

KERJA PARUH WAKTU
Secara umum melakukan pekerjaan paruh waktu dengan menggunakan visa pelajar asing dilarang di kebanyakan Negara. Tetapi di Jepang, dengan mengajukan permohonan izin kepada pemerintah maka dapat melakukan pekerjaan paruh waktu. Dari Imigrasi Jepang memperbolehkan kerja paruh waktu dengan batasan 28 jam per minggu.

Bekerja tanpa izin atau bekerja dengan melebihi batas waktu yang di tentukan serta melakukan pekerjaaan yang melanggar hukum akan dianggap sebagai tenaga kerja ilegal. Gaji kerja paruh waktu adalah 850 s/d 1.000 ¥ per jam. Dalam satu bulan siswa dapat memiliki pendapatan sekitar 95.000 ¥.

CONTOH KEGIATAN DALAM 1 HARI

07:30 – Bangun pagi, siap-siap, lalu pergi kesekolah !
09:00 – Belajar di mulai, Ayo semangat !
12:45 – Belajar selesai, Sampai jumpa besok !
13:30 – Tiba di lokasi kerja paruh waktu. Makan siang onigiri yang sudah dibeli sebelumnya di minimarket terdekat. Ganti baju kerja sesuai dengan peraturan tempat anda bekerja. Ayo bersiap untuk mulai bekerja !
18:00 – Istirahat kerja, makan sore di ruang istirahat.
21:00 – Tutup toko, Terimakasih, hari ini telah bekerja keras !
22:00 – Pulang kerumah, mengerjakan PR, menyiapkan pelajaran untuk besok, lalu mandi, bersantai,nonton TV dll.
24:00  – Selamat istirahat !

BEASISWA
Di beberapa sekolah bahasa Jepang biasanya menyediakan berbagai beasiswa yang mendukung kehidupan siswa asing di Jepang. Pemberian beasiswa biasanya berdasarkan pada prestasi yang baik serta tingkat kehadiran yang baik di sekolah. Beasiswa yang diberikan berbeda-beda, antara  20.000 ¥ sampai 100.000 ¥ per bulan.
Instansi yang memberikan beasiswa antara lain adalah Kementrian pendidikan dan olahraga Jepang, Yayasan Internasional kyoritsu Sistem dan Sekolah bahasa itu sendiri.

ALUR DARI PERMOHONAN SAMPAI MASUK SEKOLAH

Berdasarkan ketentuan dari imigrasi dan departemen kehakiman Jepang, guna melangsungkan proses aplikasi secara benar untuk status kependudukan di Jepang, maka, bagi pelajar yang akan belajar di Jepang, harus mendapatkan Visa pelajar. Nantinya, pihak sekolah akan melaksanakan pengajuan/ permohonan visa sesuai dengan peraturan yang ada. Untuk itu, pihak sekolah bahasa Jepang membutuhkan dokumen-dokumen  yang  harus  diserahkan oleh calon siswa.

RINGKASAN PROGRAM

Program Studi ke Jepang adalah program sekolah bahasa Jepang untuk siswa minimal lulusan SMA/SMK sederajat atau mahasiswa segala jurusan. Jangka waktu program ini maksimal 2 tahun, siswa bisa menyelesaikan program belajar dengan lebih cepat, tergantung dari kemampuan bahasa Jepang awal sebelum pergi ke Jepang.

Program studi ini pada umumnya bertujuan untuk mempersiapkan kemampuan berbahasa Jepang sampai dengan N1 atau minimalnya N2 sesuai dengan tes kemampuan berbahasa Jepang (JLPT) yang merupakan salah satu persyaratan mutlak untuk siswa yang akan melanjutkan kuliah. Program belajar di sekolah bahasa Jepang ini merupakan langkah awal yang harus dilalui oleh siswa sebelum memasuki universitas.

Namun banyak orang yang mengikuti program studi ini umumnya bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Jepang sekaligus membuka peluang untuk dapat berkarir di Jepang.

Dalam mengikuti program studi ini, siswa tidak hanya belajar bahasa Jepang saja, akan tetapi siswa akan diberikan kesempatan kerja part time, sehingga selain meningkatkan kemampuan bahasa Jepang, siswa juga mendapatkan pengalaman bekerja di Jepang. Sehingga setelah lulus, siswa akan siap bekerja di Jepang.

Tujuan akhir dari program ini adalah agar bisa mendapatkan visa kerja di Jepang. Dengan mendapatkan visa kerja, maka siswa dapat bekerja dan berkarir dalam berbagai bidang di Jepang sesuai dengan jurusan kuliahnya masing-masing. Karena dengan menurunnya jumlah populasi dan angkatan kerja Jepang, serta semakin meningkatnya kebutuhan tenaga kerja di Jepang maka kesempatan untuk bekerja di Jepang semakin luas. Tentunya harus di sertai dengan skill dan kemampuan yang baik, sesuai dengan peraturan yang ada.